As-Sayyid Muhammad bin As-Sayyid Alwi Al-maliki Al-Hasani lahir di kota Makkah tahun 1365 H / 1945 M dan Beliau
wafat hari jumat tgl 15 romadhan 1425H / 30 Oktober 2004 M dan
dimakamkan di pemakaman Al-Ma’la disamping makam istri Rasulullah
Khadijah binti Khuwailid. Pendidikan
pertamanya adalah Madrasah Al-Falah Makkah, dimana ayah beliau
As-Sayyid Alwi bin Abbas Al-Maliki Al-Hasani sebagai guru agama di
sekolah tersebut yang juga merangkap sebagai pengajar di halaqah di
Haram Makki yang tempatnya sangat masyhur dekat Babussalam.
Abuya
As-Sayyid Muhammad Al-maliki dikenal sebagai guru, pengajar dan
pendidik yang tidak beraliran keras, tidak berlebih-lebihan, dan selalu
menerima hiwar dengan hikmah dan mauidhah hasanah. Beliau ingin
mengangkat derajat dan martabat Muslimin menjadi manusia yang
berperilaku baik dalam muamalatnya kepada Allah dan kepada sesama,
terhormat dalam perbuatan, tindakan serta pikiran dan perasaannya.
Beliau
adalah orang cerdas dan terpelajar, berani dan jujur serta adil dan
cinta kasih terhadap sesama. Itulah ajaran utama Abuya As-Sayyid
Muhammad bin Alwi Almaliki. Beliau selalu menerima dan menghargai
pendapat orang dan menghormati orang yang tidak sealiran dengannya atau
tidak searah dengan thariqahnya. Dalam kehidupannya beliau selalu
bersabar dengan orang-orang yang tidak bersependapat baik dengan
pemikirannya atau dengan alirannya, semua yang berlawanan diterima
dengan sabar dan dijawab dengan hikmah.
Setelah
As-Sayyid Alwi Al-Maliki wafat, putra beliau As-Sayyid Muhammad tampil
sebagai penerus. Disamping mengajar di Masjidi Haram, beliau diangkat
sebagai dosen di Universitas King Abdul Aziz- Jeddah dan Univesitas
Ummul Qura Makkah bagian ilmu Hadith dan Usuluddin. Cukup lama beliau
menjalankan tugasnya sebagai dosen di dua Universiatas tsb, sampai
beliau memutuskan mengundurkan diri dan memilih mengajar di Masjidil
Haram sambil membuka majlis ta’lim rumah beliau di Utaibiyyah kemudian
pindah ke Rushoifah ..
Beliau
tahu persis bahwa kelemahan Islam terdapat pada pertikaian para
ulamanya dan ini memang yang di inginkan musuh Islam. Sampai-sampai
beliau menerima dengan rela digeser dari kedudukannya baik di
Universitas dan ta’lim beliau di masjidil Haram. Semua ini beliau terima
dengan kesabaran dan keikhlasan bahkan beliau selalu menghormati orang
orang yang tidak bersependapat dan sealiran dengannya, semasih mereka
memiliki pandangan khilaf yang bersumber dari al-Quran dan Sunah.
Pada
akhir hayat beliau yang berkenaan dengan adanya kejadian teroris di
Saudi Arabia, beliau mendapatkan undangan dari ketua umum Masjidil
HaramSyeikh sholeh bin Abdurahman Alhushen untuk mengikuti “Hiwar Fikri”
di Makkah yang diadakan pada tgl 5 sd 9 Dzul Qo’dah 1424 H / Desember
2003 M dengan judul “Al-qhuluw wal I’tidal Ruya Manhajiyyah
Syamilah”, di sana beliau mendapat kehormatan untuk mengeluarkan
pendapatnya tentang thatarruf atau yang lebih poluler disebut ajaran
yang beraliran fundamentalists atau extremist. Dan dari sana beliau
telah meluncurkan sebuah buku yang sangat popular dikalangan masyarakat
Saudi yang berjudul “Alqhuluw Dairah Fil Irhab Wa Ifsad Almujtama”. Dari
situ, mulailah pandangan dan pemikiran beliau tentang da’wah selalu
mendapat sambutan dan penghargaan masyarakat luas.
Pada
tg 11 Dzul Qo’dah 1424 H / 4 Januari 2004 M, beliau mendapat kesempatan
untuk memberikan ceramah di hadapan wakil raja Amir Abdullah bin Abdul
Aziz yang isinya beliau selalu menggaris-bawahi akan usaha menyatukan
suara ulama dan menjalin persatuan dan kesatuan da’wah.
Di
samping tugas beliau sebagai da’i, pengajar, pembibing, dosen,
penceramah dan segala bentuk kegiatan yang bermangfaat bagi agama,
beliau pula seorang pujangga besar dan penulis unggul. Tidak kurang dari
100 buku yang telah dikarangnya, semuanya beredar di seluruh dunia.
Tidak sedikit dari kitab2 beliau yang beredar telah diterjemahkan
kedalam bahasa Inggris, Prancis, Urdu, Indonesia dll.
Ketika
kunjungan beliau ke Malaysia pada bulan Syawwal 1423 / Desember 2002
Abuya Memberi amanah kepada murid beliau tertua KH. Ihya’ Ulumuddin
untuk membuat wadah bagi para alumni atas pendapat dari Abuya As-Sayyid
Ahmad putra beliau, alhamdulillah pada Tgl 2 Muharrom 1424 H / 5 Maret
2003 sebanyak 25 murid beliau berkumpul di kediaman KH. Muhyiddin Nor
Pondok Pesantren Darussalam Tambak Madu Surabaya semua sepakat
mewujudkan amanah beliau berda’wah secara berjama’ah dengan di beri nama
Hai’ah ASH-SHOFWAH yang sekarang kantor pusatnya berda di Jl.
Gayungsari Surabaya sebelah timur Masjid Al-Akbar Surabaya dimana sudah
mempunyai 15 kantor cabang diseluruh Indonesia
Dan
yang menyaksikan penguburan beliau seluruh umat muslimin yang berada di
Makkah pada saat itu termasuk para pejabat, ulama, para santri yang
datang dari seluruh pelosok negeri, baik dari luar Makkah atau dari luar
negri. Semuanya menyaksikan hari terakhir beliau sebelum disemayamkan,
semua menyaksikan janazah beliau setelah disolati di Masjidil Haram
setelah sholat isya’ yang dihadiri oleh tidak kurang dari sejuta
manusia. Begitu pula selama tiga hari tiga malam rumahnya terbuka bagi
ribuan orang yang ingin mengucapkan belasungkawa dan melakukan `aza’.
Beliau
wafat meninggalkan 6 putra, As-Sayyid Ahmad, As-Sayyid Abdullah,
As-Sayyid Alwi, As-Sayyid Ali, As-Sayyid Al- Hasan dan As-Sayyid
Al-Husen dan beberapa putri-putri yang tidak bisa disebut satu persatu
disini .
sumber : http://santri.net/sejarah/biografi-ulama/abuya-biografi-as-sayyid-muhammad-alawi-al-maliki-al-hasani/